Sosialisasi Akreditasi AIPT oleh BAN-PT

By: Admin | Posted on: 2013-12-02 | Kunjungan : 1320

Sosialisasi Akreditasi AIPT Oleh BAN-PT

 

 

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengadakan sosialisasi sistem Akreditasi Perguruan Tinggi dengan Tema “Peningkatan Kinerja Sistem Penjaminan Mutu Eksternal dalam Mewujudkan Perguruan Tinggi yang Berkualitas dan Berdaya Saing” di Hotel Garden Palace Surabaya pada tanggal 25-26 November 2013. Acara ini dihadiri dari kopertis wilayah 7 dan kopertis wilayah 8 yang berjumlah 90 Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri.

 

Sosialisasi ini bertujuan untuk pertama,  dengan adanya undang-undang No.12 tahun 2012 Pendidikan tinggi pada pasal 60 ayat 4 berbunyi perguruan tinggi yang didirikan harus memenuhi standar minimum akreditasi. Hal ini pun juga disampaikan oleh Prof. Dr. ir. Mansur Ma’sum (BAN-PT) bahwa keberlakuan undang-undang tersebut secara keseluruhan pada tanggal 14 Agustus 2014, dan kata prof. Dr. Ir. Mansur belum mengetahui dampaknya jika ada perguruan tinggi belum mempunyai status akreditasi. Kedua, memberikan informasi tentang peranan fungsi dan kebijakan BAN-PT, Dr. Fahimah Martak menjelaskan bahwa nanti BAN-PT akan menangani akreditasi institusi jika sudah ada LAM-PS. Ketiga, menjelaskan instrumen Akredittasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan 7 pedoman dalam pengisian Borang Institusi Perguruan Tinggi.

 

Pada masa depan Perguruan tinggi mempunyai mutu yang berkualitas dan berdaya saing dalam pendidikan dan juga memajukan Negara Republik Indonesia. (huda)

 

 

 
                                                                                                                                                                                 m.h